Ini Dia Bukti Pertama Peristiwa Komet Menabrak Bumi Ternyata Disini

Ditulis oleh: - -
Ini Dia Bukti Pertama Peristiwa Komet Menabrak Bumi Ternyata Disini
Ledakan komet saat menabrak bumi.(Livescience.com)
Belum lama ini, sekelompok ilmuwan mengklaim telah menemukan bukti, kapan pertama kali komet menabrak bumi. Setelah melakukan serangkaian analisis, peneliti menyimpulkan bahwa kerikil hitam misterius yang ditemukan di Mesir, adalah bagian dari inti komet.

Kerikil yang diberi nama Hypatia--untuk menghormati ahli matematika, astronom, dan filsuf Hypatia, perempuan asal Mesopotamia--, terdapat bentukan berlian di dalamnya.


"Ini merupakan penemuan yang sangat menarik, ketika semua kemungkinan dihilangkan, dan yang ada adalah kenyataan yang sebenarnya," ucap Jan Kramers, dari Universitas Johannesburg di Afrika Selatan.

Berlian tersebut terbentuk dari material karbon, yang biasanya terdapat di dalam tanah, saat tekanan panas tinggi, maka berlian akan terbentuk. Dan berlian ini dihasilkan dengan proses yang serupa.

Komet pertama yang menabrak bumi diperkirakan terjadi sekitar 28 juta tahun yang lalu. Komet tersebut meledak di atmosfer bumi, dan menghasilkan suhu sekitar 2.000 derajat Celcius. Akibatnya, menghasilkan partikel silika kuning, tersebar sekitar 6.000 kilometer persegi di gurun Sahara.

Komet memang menghantam bumi ribuan kali, sepanjang sejarah terbentuknya bumi. Sebelum kerikil Hypatia ditemukan, pecahan komet yang terlama ditemukan di es Antartika. Komet tersebut diperkirakan hasil pecahan dari pembentukan tata surya, sekitar 4.5 miliar tahun yang lalu.

Sumber
Demikian artikel tentang Ini Dia Bukti Pertama Peristiwa Komet Menabrak Bumi Ternyata Disini Rating: 5 Reviewer: - ItemReviewed: Ini Dia Bukti Pertama Peristiwa Komet Menabrak Bumi Ternyata Disini. Jangan lupa untuk berkunjung kembali. Hello! My name is Agus Wandi, but people call me Wandi. Here is my homepage: unik-posts.blogspot.com. I live in Indonesian, NM and work as an CEO at Unik Posts.Agus Wandi—Artikel Review Rating: 5 out of 5 based on 6779999 reviews.
Back to Top